PABU
PABU
Artikel 11 May 2024

Belum Mampu Ber-Qurban Ikuti langkah ini

Hari Raya Idul Adha, momen penting dalam Islam, segera tiba. Bagi yang mampu, ibadah qurban dianjurkan, meskipun membeli hewan qurban seperti sapi atau kambing memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, bagi yang tidak mampu, jangan berkecil hati. Amalan-amalan sunnah ini juga dapat diamalkan, dengan pahalanya setara dengan berqurban.

Dari Ummu Hani (Fakhitah) radhiyallahu ‘anha, ia mengatakan:

أتيتُ إلى رسولِ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ علَيهِ وسلَّمَ ، فقُلتُ : يا رسولَ اللَّهِ ، دُلَّني على عملٍ فإنِّي قد كَبِرْتُ وضعفتُ وبدَّنتُ ، فقالَ : كبِّري اللَّهَ مائةَ مرَّةٍ ، واحمَدي اللَّهَ مائةَ مرَّةٍ ، وسبِّحي اللَّهَ مائةَ مرَّةٍ خيرٌ من مائةِ فرَسٍ مُلجَمٍ مُسرَجٍ في سبيلِ اللَّهِ ، وخيرٌ من مائةِ بدَنةٍ ، وخيرٌ من مائةِ رقب

 

“Aku datang menemui Rasulullah ﷺ lalu aku berkata: “Wahai Rasulullah, ajarkan kepadaku suatu amalan. Karena saya ini sudah tua, dan badan saya sudah lemah. Maka Rasulullah ﷺ bersabda: “Bertakbirlah seratus kali, Bertahmidlah seratus kali, dan Bertasbihlah seratus kali. Sesungguhnya zikir-zikir tersebut lebih baik dibandingkan menyiapkan 100 ekor kuda pilihan untuk jihad di jalan Allah, dan lebih baik dibandingkan dengan menyembelih 100 ekor unta yang dagingnya dibagikan kepada fakir miskin, dan lebih baik dibandingkan membebaskan 100 budak.” [HR. Ibnu Majah no. 3810, lihat Sahih Ibnu Majah 3087 & Silsilah ash-Shahiihah 1316]

Bahkan amalan bagi orang yang tidak mampu untuk berqurban tersirat dalam sebuah riwayat hadits shahih, yang dimana Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi besar lalu berangkat menuju masjid maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan keduamaka dia seolah-olah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan ketiga maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor kambing yangbertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan keempat maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatankelima maka dia seolah-olah berkurban dengan telur. Dan apabila imam sudah berkhotbah, maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khotbah)." (HR. Bukharidan Muslim)

Dari dua hadits diatas dapat disimpulkan bahwa bagi orang yang tidak memiliki kecukupan rezeki sehingga tidak mampu untuk berqurban maka bisa melaksanakan amalan-amalan di bawah ini:
1. BerTakbir 100X
2. BerTahmid 100X
3. BerTasbih 100X
4. Sebelum berangkat shalat Jum'at, melaksanakan mandi besar
5. Dan amalan lain pada hari Jumat sesuai dalam sebuah riwayat hadits shahih di atas.

Amalan-amalan yang telah dijelaskan di atas hanyalah sebagai tambahan dari berbagai amalan yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Mereka tidak dimaksudkan untuk menggantikan ibadah qurban dan pahala yang diperoleh darinya.

Sebagai manusia yang beriman, kita tentu ingin melaksanakan ibadah qurban. Oleh karena itu, kita harus berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mari mulai menabung dan mempersiapkan diri untuk berqurban pada tahun mendatang. Dengan kesungguhan dalam melakukan kebaikan, yakinlah bahwa Allah akan memudahkan segala urusan dan harapan kita. Aamiin Ya Rabbal'alamiin. (HUMAS PABU|2024)