PABU
PABU
Khazanah Islam 09 Jul 2024

BERBUAT KEBAIKAN DI HARI MUHARRAM

Berbuat kebaikan pada bulan ini memiliki pahala yang berlipat ganda. Berikut ini beberapa alasan dan bentuk kebaikan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram, beserta pahala yang bisa didapatkan.

Keutamaan Bulan Muharram

  1. Bulan Haram: Muharram termasuk dalam empat bulan haram, di mana Allah SWT melarang umat Islam untuk berperang dan mengajarkan untuk memperbanyak amal kebaikan. Pada bulan ini, dosa dan pahala dilipatgandakan. Berbuat kebaikan pada bulan ini akan mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan bulan lainnya.

  2. Hari Asyura: Tanggal 10 Muharram dikenal sebagai Hari Asyura. Pada hari ini, dianjurkan untuk berpuasa karena puasa Asyura memiliki keutamaan yang besar. Rasulullah SAW bersabda: "Puasa terbaik setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Allah, yaitu Muharram, dan salat terbaik setelah salat wajib adalah salat malam" (HR. Muslim).

Bentuk Kebaikan di Bulan Muharram

  1. Puasa Asyura: Puasa pada hari Asyura (10 Muharram) memiliki pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda: "Saya berharap kepada Allah bahwa puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu" (HR. Muslim).

  2. Sedekah: Memberikan sedekah kepada yang membutuhkan pada bulan Muharram memiliki pahala yang berlipat ganda. Sedekah merupakan salah satu amal yang paling dianjurkan dalam Islam, apalagi pada bulan yang mulia seperti Muharram.

  3. Memperbanyak Istighfar dan Dzikir: Memohon ampun kepada Allah dan memperbanyak dzikir merupakan bentuk kebaikan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan sepanjang tahun, tetapi lebih dianjurkan pada bulan-bulan suci seperti Muharram.

  4. Menjaga Silaturahmi: Mempererat hubungan dengan keluarga, kerabat, dan tetangga juga merupakan bentuk kebaikan yang sangat dianjurkan. Menjaga silaturahmi dapat mendatangkan keberkahan dan pahala yang besar.

  5. Membantu Sesama: Memberikan bantuan kepada sesama, baik dalam bentuk tenaga, waktu, maupun materi, adalah salah satu cara untuk mendapatkan pahala di bulan Muharram. Setiap kebaikan yang dilakukan dengan niat ikhlas akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT.

Berbuat kebaikan di bulan Muharram merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bulan ini memberikan kesempatan emas bagi umat Islam untuk memperbanyak amal ibadah dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Dengan berpuasa, bersedekah, memperbanyak istighfar dan dzikir, menjaga silaturahmi, dan membantu sesama, kita dapat memanfaatkan bulan Muharram untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih pahala yang besar. Mari kita bersama-sama memanfaatkan momen mulia ini untuk berbuat kebaikan dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. (Humas PABU)