PABU
PABU
Khazanah Islam 06 Jun 2023

BERSYUKUR

Oleh: Humas Pabu

humaspabu@gmail.com

 

 

Sahabat Pabu, seringkah kita merasa mengeluh ketika kita diuji oleh Allah SWT? entah itu mengeluh dengan banyaknya masalah kehidupan, pendapatan kurang, kisah cinta yang kurang beruntung, sikap keluarga dan sebagainya. Karena terlalu sering mengeluh dengan masalah kehidupan dunia hingga tanpa disadari kita lupa untuk besyukur, Bersyukur merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang. Biasanya, seseorang yang mudah menerima semuanya dengan rasa syukur, memiliki tingkat rasa kesejahteraan yang tinggi mulai dari rasa senang hingga kepuasan.

Rasa syukur juga memiliki dampak kuat bagi kesejahteraan psikologis. Antara lain dapat meningkatkan rasa harga diri, emosi positif, dan rasa optimis saat menjalani hidup. Ketika merasa bahagia dan bersyukur, tentu tubuh akan memproduksi bahan kimia.

Akan tetapi bersyukur kadang menjadi hal yang sulit dilakukan. Tak jarang orang masih merasa kurang meski telah diberikan nikmat yang begitu besar dari Allah SWT. Seringkali pula seorang hanya ingat kepada Allah SWT saat dirinya sedang mengalami kesulitan. Dalam kondisi tersebut, ia memohon kepada Allah SWT dan tak jarang menyalahkan Allah SWT atas ujian yang diberikan kepadanya.

Padahal, nikmat yang Allah SWT karuniakan kepada setiap hamba-Nya tidak terhitung. Mulai dari saat masih di dalam rahim ibu sampai sekarang, nikmat Allah SWT terus mengalir ke dalam kehidupan setiap manusia. Bisa bernapas, kesehatan, makanan, minuman, dan pakaian juga termasuk ke dalam nikmat Allah SWT. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas alasan seputar mengapa kita harus selalu bersyukur semasa hidup.

Mengapa kita harus selalu bersyukur dalam keadaan apapun?

1. Bersyukur menjaga diri dari penyakit hati
    Bersyukur kepada Allah juga bisa menghindarkan seseorang dari penyakit hati seperti sombong, iri, dengki, dan dendam. Perlu diketahui bahwa penyakit hati dapat membuat hidup seseorang menjadi tidak tenang. Bahkan, hal-hal tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan kesehatan seseorang. Allah SWT juga tidak menyukai orang-orang yang menyimpan penyakit di dalam hatinya.

    Rasulullah SAW bersabda, “Ketahuilah bahawa dalam jasad manusia ada segumpal daging, jika baik maka baiklah seluruh anggota dan jika umaka rusaklah seluruh anggota, ketahuilah itulah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Hidup dapat meningkatkan iman
    Bersyukur juga bisa menjadi cara meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT . Seseorang harus ridho (mampu menerima dengan senang hati) dengan semua pemberian yang berasal dari Allah SWT.

Dalam urusan dunia, seseorang harus bisa memandang orang lain yang nasibnya tidak seberuntung dirinya agar bisa meningkatkan rasa syukur.

“Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan.” (HR. Tirmidzi).

3. Bersyukur akan menambah nikmat
    Seseorang yang senantiasa mengucap syukur dengan kondisi apapun, maka Allah SWT akan menambahkan nikmatnya. Sebaliknya, ketika seseorang lebih banyak banyak mengeluh dan selalu iri dengan kehidupan orang lain, maka hidupnya akan semakin sengsara.

Sebagaimana yang telah Allah SWT firmankan dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7).

4. Hidup penuh keberkahan
    Salah satu manfaat yang didapat seseorang jika rajin bersyukur adalah membuat hidup menjadi lebih berkah. Dengan bersyukur, orang tersebut merasa tercukupi berapa pun rezeki yang didapat. Bukan tak mungkin pula rezeki tersebut dapat memberikan manfaat bagi orang lain sehingga bisa mendatangkan berkah bagi pemiliknya. 

5. Dijanjikan Surga
    Ketika seseorang menerima keadaannya dengan syukur dan tabah saat tertimpa masalah, maka Allah SWT menjajikan surga kepada orang tersebut. Bayangkan, nikmat mana yang lebih indah dari jaminan surga? Surga adalah tujuan bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa selama hidup di dunia.

“Sesungguhnya Allah berfirman, ‘Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya.” (HR. Bukhari).

Ada begitu banyak alasan untuk mengeluh, ada ribuan bahkan jutaan alasan untuk dikeluhkan itu wajar. Jadikanlah satu alasan, satu saja alasan untuk bersyukur, maka itu saja cukup. Mudah-mudahan kita adalah orang yang pandai bersyukur dan sedikit mengeluh. Aamiin.

 

 

Semoga bermanfaat.

Tag: Pabu Foundation, Sedekah Bekasi, Yayasan Yatim Sedekah, Info Bekasi