PABU
PABU
Khazanah Islam 14 Apr 2023

DO’A HATI YANG SEDIH

Oleh: Humas Pabu

humaspabu@gmail.com

 

    Sahabat Pabu, Rasa sedih merupakan salah satu emosi yang ditanamkan kepada setiap manusia. Kesedihan itu wajar namun kadang rasa sedih itu bisa menghambat seperti membuat kita enggan untuk bergerak atau bahkan sekadar bertemu dengan orang-orang sekitar.

    Perasaan sedih bisa ditimbulkan oleh beberapa alasan. Bisa karena kehilangan orang terkasih atau ada harapan yang tak terwujud. Perasaan itu wajar namun jika kesedihan itu terlalu dalam bisa menimbulkan dampak negatif ke dalam diri seseorang.

    Kita sebagai manusia diciptakan dengan kelebihannya dibandingkan dengan makhluk hewan dan tumbuhan. Kita juga dibekali dengan akal pikiran dan juga emosi serta perasaan dimana hal tersebut dapat membuat kita tenang ataupun bisa membuat sedih tergantung dari pikiran masing-masing orang.

    Apabila kita mengalami perasaan cemas, gelisah atau sedang sedih maka kita panjatkan do’a kepada Allah SWT agar diberi ketenangan hati.

    Sebagaimana diketahui bahwasanya hati adalah sesuatu yang berkaitan dengan perasaan batin dan tidak bisa dilihat oleh siapapun tapi orang lain dapat mengetahui dari ekspresi dari diri kita entah itu perasaan sedih atau cemas bisa dapat dengan mudah diketahui orang lain kecuali dapat menyembunyikan perasaan itu. Terkadang suasana dari hati manusia ini bisa dengan mudahnya berganti misalnya kadang kita merasa senang bahagia, gembira disebabkan memperoleh hal yang baik ataupun memang meski tanpa ada apa-apa pun kita seharusnya merasa bahagia perasannya agar memberi engergi positif bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain disekitar.

    Kita sebagai manusia diciptakan dengan kelebihannya dibandingkan dengan makhluk hewan dan tumbuhan. Kita juga dibekali dengan akal pikiran dan juga emosi serta perasaan dimana hal tersebut dapat membuat kita tenang ataupun bisa membuat sedih tergantung dari pikiran masing-masing orang.

    Apabila kita mengalami perasaan cemas, gelisah atau sedang sedih maka kita panjatkan do’a kepada Allah SWT agar diberi ketenangan hati.

    Sebagaimana diketahui bahwasanya hati adalah sesuatu yang berkaitan dengan perasaan batin dan tidak bisa dilihat oleh siapapun tapi orang lain dapat mengetahui dari ekspresi dari diri kita entah itu perasaan sedih atau cemas bisa dapat dengan mudah diketahui orang lain kecuali dapat menyembunyikan perasaan itu. Terkadang suasana dari hati manusia ini bisa dengan mudahnya berganti misalnya kadang kita merasa senang bahagia, gembira disebabkan memperoleh hal yang baik ataupun memang meski tanpa ada apa-apa pun kita seharusnya merasa bahagia perasannya agar memberi energi positif bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain disekitar.

    Islam telah memberikan solusi untuk perkara ini. Seorang muslim yang merasakan kesedihan mendalam dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bisa melalui shalat, membaca Al-Qur'an, dzikir, dan berdo’a.

    Nah, berikut ini beberapa do’a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW saat merasakan kesedihan. Do’a pertama diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Imam Ahmad dalam sebuah hadits yang telah dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Abu Dawud.

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, janganlah Engkau serahkan (segala urusanku) kepada diriku walau sekejap mata, perbaikilah segala urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau."

    Apabila seorang muslim berdo’a kepada Allah SWT, niscaya Allah Maha Mampu untuk mendatangkan manfaat dan kebaikan baginya, dan Dia Maha Mampu pula dalam mencegah dan menghilangkan keburukan apapun darinya, seperti kesedihan, kegelisahan, kesulitan, bencana dan musibah.

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ أَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

Artinya: “atau siapakah yang memperkenankan (do’a) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdo’a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada Tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” (QS. an-Naml: 62).

    Demikian pula halnya Dzikir kepada Allah SWT, ia merupakan sebab hati menjadi lapang dan jiwa menjadi tenang, tentram dan bahagia.

Hal ini berdasarkan firman Allah SWT:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingati Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du: 28).

    Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat. Dan semoga Allah SWT menganugerahkan kepada kita semua kehidupan yang bahagia dan selamat di dunia dan akhirat. Aamiin.

 

Semoga bermanfaat.

Tag: Pabu Foundation, Sedekah Bekasi, Yayasan Yatim Sedekah, Info Bekasi