PABU
PABU
Khazanah Islam 19 Jul 2021

Jangan Lupa Puasa Arafah Ya!, Ini Dia Keutamaan Puasa Arafah

Keutamaan Puasa Arafah | Halo Semuanya Sahabat Dermawan PABU, Bagaimana kabarnya semua? semoga sahabat pabu selalu diberikan kesehatan yang paripurna dan di lancarkan segala rezekinya, Aamiin.

Hayo sahabat dermawan pabu siapa yang hari ini melaksanakan Puasa Arafah, jangan sampai sahabat lupa untuk puasa hari ini ya, karena dalam puasa Arafah itu banyak sekali keutamaan yang sayang banget kalo sahabat dermawan pabu semua tidak puasa di hari ini.

Emangnya apasih puasa Arafah itu kok kayaknya keutamaannya banyak banget?

Jadi Begini Sahabat Dermawan PABU, Puasa Arafah itu ialah puasa yang dilaksanakan pada hari Arafah atau hari ke 9 di bulan Dzulhijah, yang mana puasa pada hari ini tuh dianjurkan oleh Rasullullah untuk dilaksanakan bagi mereka yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.

Hal ini ternyata terdapat dalam sebuah hadits

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.”

Salah satunya ialah hari Arafah yang memiliki berbagai keutamaannya, inilah beberapa keutamaan melaksanakan puasa di hari Arafah,

  1. Dihapus Dosa Selama Satu TahunDalam Hadits riwayat Imam Muslim disebutsan keutamaan bagi seseorang yang melaksanakan puasa Arafah pada 9 Dzulhijah, yang pertama ialah dihapusnya dosa dosa yang kita lakukan selama satu tahun dan setahun yang akan datang apabila ibadah puasa arafah kita diterima ibadahnya.
  2. Di Bebaskan dari Api Neraka 70 TahunKeutamaan yang kedua didalam hadits lain disebutkan apabila kita berpuasa hari Arafah maka kita dibebaskan dari api neraka selama 70 tahun, hadits tersebut diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim.

Baca Juga : Apa Hukum Qurban Kambing Betina?

Bersedekah di Hari Yang Baik

Bersedekah di Hari Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar apa lagi bagi kamu yang sedang berpuasa Arafah, memberikan kebahagiaan kepada sesama untuk menyambut hari raya apalagi dimasa Pandemi dan PPKM saat ini banyak sekali saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dari kita semua.

Bagi Sahabat Dermawan PABU yang ingin bersedekah bisa langsung berdonasi kepada para relawan kita yang menghubungi sahabat melalui Whatsapp atau bisa langsung berdonasi di portal donasi online pabu indonesia di sini.