PABU
PABU
Khazanah Islam 07 Jun 2023

KEKUATAN DO’A

Oleh: Humas Pabu

humaspabu@gmail.com

 

 
    Sahabat Pabu, Manusia berusaha biarlah Tuhan yang menentukan, demikian ungkapan yang seringkali kita dengar tentang makna dari tawakal. Untuk kebaikan bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dan kelak di akherat, kita semua -sebagai manusia- diperintahkan untuk senantiasa berserah diri atau bertawakal.
 
    Di balik sikap berserah diri manusia wajib berdo'a dan berusaha saat memiliki tujuan atau rencana yang tengah ditargetkan. Dengan berdo'a dan berusaha, setiap manusia akan melewati tantangan, rintangan yang pada akhirnya akan mendapatkan kebahagiaan.
 
 
    Do'a merupakan kekuatan dan pegangan utama kaum lemah. Kekuatan do'a bisa mengubah takdir, nasib, atau ketentuan Allah SWT karena Dia Maha kuasa dan Maha Berkehendak atas segala sesuatu.
 
"Tiada sesuatu pun yang dapat menolak takdir kecuali doa dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali amal kebajikan. Sesungguhnya seorang diharamkan rezeki baginya disebabkan dosa yang diperbuatnya" (HR.Tirmidzi dan Hakim).
 
    Allah SWT menegaskan di dalam Al-Qur’an surat Al-baqarah ayat 186 tentang bentuk ikhtiar yang sangat dianjurkan; berdoa.
 
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
 
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. ” (QS. Albaqarah: 186)
 
    Ayat di atas menegaskan bahwa Allah SWT. Berada sangat dekat dengan hamba-Nya dan menyaksikan sekaligus mengabulkan setiap permohonan do'a dari hamba-Nya yang shaleh. Arti Do'a secara harfiah, do’a berarti memohon, do'a pun identik dengan kata lain; dakwah. Sehingga do'a bisa juga berarti mengajak atau mengundang agar datang. Do'a yang berarti permohonan mekanismenya melakukan permohonan langsung kepada Allah SWT agar diberikan kebaikan, keberkahan, kemudahan, kesehatan dan jalan keluar dari kesulitan dan lain-lain.
 
    Sementara do'a yang berarti mengundang hadir atau mengajak dilakukan dengan caara menghadirkan arti-arti sifat Allah SWT yang berjumlah 99 (asmaul husna) di setiap perilaku kita sehari-hari.
 
Hal ini dijelaskan dalam Al-quran, surat Al-A’raf ayat 180:
 
وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
 
"Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-A’raf: 180)
 
    Dalam keadaan senang, manusia berdo'a seraya bersyukur kepada Allah SWT dengan banyak memuji kepada Allah SWT. Dalam keadaan berduka, manusia berdo'a memohon kekuatan dan keteguhan hati agar Allah SWT menjadikannya kuat dan tegar. Percayalah bahwa setiap do'a yang dipanjatkan dengan penuh keyakinan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Teruslah berdo'a kepada Allah SWT dan meminta kepada-Nya.
 
  • Adab Ketika Berdo’a
    Berdo'a memang bisa dilakukan kapan dimana saja. Namun alangkah lebih baiknya jika sebelum berdo'a, kita memperhatikan adab-adanya. Berikut adab sebelum memanjatkan do'a, diantaranya:
1. Merasa benar-benar hadir dan 'bertemu' dengan Allah SWT
2. Merendahkan diri serta khusyuk dan bersungguh-sungguh dalam berdo'a
3. Menghadap Kiblat
4. Harus dalam keadaan suci
5. Berdo'a sambal mengangkat tangan
6. Memulai dengan pujian kepada allah SWT, misal dengan membaca asmaul khusna lalu bersholawat kepada Rasulullah SAW
7. Memohon ampun dan bertaubat kepada Allah SWT
8. Berdo'a dengan penuh keyakinan
9. Menunaikan sedekah 
 
  • Manfaat Kesehatan Ketika Berdoa
 
    Secara ilmiah, berdo'a memiliki dampak kesehatan besar bagi kondisi mental seseorang. Berikut ini sejumlah manfaat do'a, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber:
 
1. Berdo’a menurunkan stres dan kecemasan
    Salah satu efek positif do'a pada otak adalah menurunkan hormon kortisol yang berkaitan dengan stres dan kecemasan. Ketika seseorang berdo'a, ia melakukan transisi dari kondisi tertekan ke kondisi tenang, sebagaimana disampaikan Herbert Benson dari Universitas Harvard. "Segala bentuk do'a dapat menurunkan tingkat stres, menenangkan tubuh, dan membantu penyembuhan [penyakit]," kata Beson, sebagaimana dilansir WebMD.
 
2. Berdo'a meningkatkan imun tubuh
    Seorang muslim yang berdo’a kepada Allah SWT dapat mengoptimalkan fungsi psikologis dirinya. Salah satu efeknya adalah menguatnya imun atau kekebalan tubuh. Hal ini dikuatkan dengan studi dari Pusat Penelitian Rumah Sakit Douglas, Amerika Serikat (AS) bahwa pasien yang rutin berdo'a dapat mempercepat kesembuhan sakitnya.
 
3. Berdo'a menyehatkan mental
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard juga, ditemukan bahwa individu yang rutin berdo'a memiliki tingkat depresi rendah. Berdo'a juga dapat meningkatkan kepuasan hidup, kepercayaan diri, dan afek positif, berkebalikan dari orang yang tidak pernah berdo'a. Kepercayaan diri dan tingkat kepuasan hidup yang tinggi merupakan indikator kesehatan mental manusia, menurut kajian psikologi secara umum.
 
    Yang terpenting, jangan berputus asa ketika do'a-do'a kita belum dikabulkan Allah SWT. Teruslah berdo'a tanpa lelah, Allah SWT menyuruh manusia berikhtiar dan berdo'a. Ikhtiar sebagai usaha duniawi yang berkaitan dengan hukum dan ilmu-ilmu teknis. Sedangkan do'a sebagai usaha ukhrawi yang berkaitan dengan keimanan atau keyakinan kepada Allah SWT.
 
    Sahabat Pabu, Sesungguhnya Allah SWT mengetahui kebutuhan hamba-Nya, tanpa do'a pun pasti Allah SWT memberi. Permohonan do'a seorang hamba dipanjatkan sebagai bentuk ibadah kepada Sang Pencipta. Tapi alangkah lebih baiknya kita senantiasa berdo'a karena Allah SWT senang terhadap hamba-Nya yang selalu berdo’a kepada-Nya.
 
 

Semoga bermanfaat.

Tag: Pabu Foundation, Sedekah Bekasi, Yayasan Yatim Sedekah, Info Bekasi