PABU
PABU
Inspirasi 05 Apr 2021

Ramadhan Akan Tiba Ini Dia 6 Tips Menyambut Ramadhan

Bulan Ramadhan akan tiba beberapa hari lagi – Ini dia 6 tips menyambut ramadhan.

Kebiasaan yang sering dilakukan pada zaman nabi itu, para umat muslim sangatlah bersemangat untuk menyambut bulan yang suci ini, adapun Rasullullah SAW biasanya ketika menyambut bulan suci ramadhan ia meningkatkan kualitas ibadah dan menyempurnakannya dengan berpuasa Sya’ban

Oleh karena kebiasaan rasullulah tersebut maka kita sebagai umat islam dianjurkan untuk memperbanyak amal sholeh dengan cara memperbanyak Istigfar dan bertobat kepada Allah SWT.

6 Tips Menyambut Ramadhan

Bertaubat

Taubat dari dosa dan maksiat perlu dilakukan saat menyambut bulan Ramadhan. Karena dosa dan maksiat dapat mengotori dan menutupi hati. Oleh karenanya mulai dari sekarang berusaha bersihkan hati dari dosa dan maksiat dengan memperbanyak taubat dan istighfar.

Membersihkan Hati dari Sifat Jahat dan Buruk Terhadap Sesama Muslim

Dendam dan dengki merupakan sifat tercela. Sementara terbebas dari sifat tercela tersebut merupakan ciri orang beriman dan bertakwa. Seorang muslim baiknya membersihkan diri dari sifat buruk ini sebelum memasuki bulan Ramadhan. Supaya ketika memasuki bulan yang penuh suci ini diri kita menjalankannya dengan hati yang bersih dan lapang dada.

Ilmu dan Pemahaman Tentang Fiqih Ramadhan

Islam sangat mementingkan ilmu sebelum berkata dan beramal. Tertera dalam Qur’an Surah Muhammad ayat 19 dijelaskan untuk memperintahkan dengan berilmu terlebih dahulu sebelum beramal. Ilmu sangat dipentingkan sebelum beramal, karena diterimanya suatu amal setelah ikhlas. Sebab itu untuk menyambut bulan Ramadhan, perlu kiranya belajar kembali tentang fiqih ibadah pada bulan Ramadhan. Misalnya fiqih puasa, shalat tarawih, zakat, sedekah, dan sebagainya.

Persiapan dan Perencanaan Target

Hal yang paling penting selanjutnya yaitu persiapan dan perencanaan target. Salah satunya mengagendakan ibadah dan amal saleh seperti puasa, shalat tarawih, tilawah al-Qur’an, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya yang perlu disiapkan dan direncanakan secara matang.

Do’a

Do’a adalah ibadah yang dilakukan hambanya untuk mengkomunikasikan hajat dan harapan kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Do’a yang dimaksud adalah memohon kepada Allah dikaruniai umur panjang hingga berjumpa dengan bulan Ramadhan. Para nabi pun dahulu memohon untuk dipertemukan dengan bulan Ramadhan sejak enam bulan sebelumnya. “Allahumma barik lana fi Rajaba wa sya’bana, wa ballighna Ramadhan yang artinyaYa Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan sya’ban, serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.”

Tekad Kuat Niat yang tulus

Tekad  yang kuat membuat seseorang menjadi produktif dalam mengisi ramadhan dengan berbagai ibadah dan amal shaleh. Bertujuan untuk memanfaatkan Ramadhan dengan ibadah agar mendapatkan taufik dan kemudahan dari Allah. Artinya ketika Allah mengetahui bahwa di dalam hati hamba-Nya yang bertekad yang kuat dan niat sungguh-sungguh untuk meraih keutamaan Ramadhan, maka Allah akan memberikan kemudahan kepada hamba tersebut. Allah akan memberikan kemudahan dalam melakukan ketaatan dan berbagai ibadah pada bulan Ramadhan.

Nah Itu dia 6 Tips menyambut Ramadhan, semoga ramadhan tahun ini kita dapat melaksanakan ibadah dengan semaksimal mungkin