PABU
PABU
Event 04 Oct 2022

Santunan Akbar Santri Tahfidz Pelosok Purwakarta Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 1 Oktober 2022

Kampung Sukamanah, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Alhamdulillah pada hari sabtu, tanggal 1 Oktober 2022 telah terlaksana kegiatan santunan akbar dan pemeriksaan kesehatan santri tahfidz serta yatim pelosok negeri. Dengan tema kegiatan pembagian sedekah Al-Qur’an Yayasan PABU Indonesia ke pelosok negeri. Dan untuk kegiatan Yayasan PABU Indonesia kali ini dilaksanakan di salah satu daerah pelosok Purwakarta, tepatnya di Kampung Sukamanah, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yaitu di Rumah Tahfidz Al-Barokah.

Rumah Tahfidz Al-Barokah sendiri memiliki 120 santriwan-santriwati yang aktif belajar mengaji dan menghafal Al-Qurán. Dengan bimbingan ustadz dan ustadzah yang masih bertempat tinggal di daerah tersebut, mereka setiap harinya selalu bersemangat untuk berbagi ilmu dan mendidik santriwan-santriwati yang ada di Rumah Tahfidz Al-Barokah meskipun dengan fasilitas yang seadanya.

Acara di mulai pukul 07.00 WIB sampai 12.00 WIB, di halaman Rumah Tahfidz dengan tempat yang sudah di persiapan dan di hias dari hari-hari sebelumnya. Karena tempatnya ada di pelosok, suasanya pun masih asri. Banyak pepohonan, dengan panggung sederhana, kursi-kursi yang di tata rapih untuk para orang tua atau tamu-tamu yang hadir, acaranya sangat ramai hampir seperti hajatan yang di adakan di kampung-kampung yang melibatkan banyak orang dari mulai orang tua hingga santriwan-santriwati dengan berbagai usia dari remaja hingga kanak-kanak. Dan tak ketinggalan juga para pedagang/Pejuang Nafkah yang datang untuk mencari rejeki, Alhamdulillah kegiatan ini juga membawa berkah untuk para pedagang yang berjualan.

Hadir pula tokoh-tokoh penting seperti bapak ustadz daerah tersebut, bapak RT/RW dan juga perwakilan dari kelurahan yang ikut serta menghadiri. Dan juga adanya aparat keamanan yang turut ikut serta menjaga dan mengamankan selama acara kegiatan santunan akbar berlangsung.

Acara santunan akbar pun dimulai. Sambutan acara dari ketua Yayasan PABU Indonesia. Lalu penampilan pertama yaitu sholawatan yang dibawakan oleh santriwan-santriwati remaja, ada juga penampilan tarian anak-anak, pencak silat yang dibawakan oleh salah seorang santriwan, Si Asep yang masih berumur 4 tahun kemudian pembacaan surat-surat pendek Al-Qurán, dan pembacaan puisi. Disediakan juga meja makanan yang tersedia untuk menjamu tamu-tamu yang hadir, mulai snack hingga makanan berat berupa prasmanan dengan berbagai menu yang mereka olah sendiri.


Acara inti selanjutnya adalah penyerahan dana santunan dari para donatur oleh ketua Yayasan PABU Indonesia Bpk. DR. H. Qodiran untuk Rumah Tahfidz Al-Barokah, diterima oleh salah satu pengurus Rumah Tahfidz Al-Barokah Ibu Een yang biasa dipanggil Umi. Dilanjut dengan pembagian bantuan guru ngaji pelosok sebagai apresiasi dari program PABU SMART oleh wakil ketua Yayasan PABU Indonesia Bapak Safran untuk para pengajar yang ada di Rumah Tahfidz Al-Barokah, diterima oleh salah satu ustadz sebagai perwakilannya juga.

Selanjutnya penyerahan Sedekah Al-Qurán & Iqro untuk kelancaran Pendidikan santriwan-santriwati yang ada di Rumah Tahfidz Al-Barokah kemudian dilanjutkan doá bersama sebagai penutup acara yang dipimpin oleh bapak ustadz dan yang sangat meriah yaitu tradisi mengambil bingkisan-bingkisan yang telah tergantung di atas panggung. Para orang tua serta santriwan-santriwari berebut untuk mendapatkan bingkisan-bingkisan yang tergantung tersebut karena mereka mempercayai jika mendapatkan salah satu bingkisan itu berarti kita akan mendapatkan rejeki dan keberkahan.

Dan yang ditunggu-tunggu dan akhir dari acara yaitu pembagian paket sembako dan dana Pendidikan untuk seluruh santriwan-santriwati Rumah Tahfidz Al-Barokah. Selain santriwan-santriwati, para lansia dan dhuafa yang hadir juga mendapatkan santunan. Mereka mengantri satu-persatu dibagikan oleh para panitia.

Tak lupa juga mereka berterima kasih kepada para donatur atas kebaikan serta keikhlasannya, juga para panitia dari Yayasan PABU Indonesia yang telah mengadakan acara santunan akbar di tempat mereka. Karena mereka baru pertamakali menerima bantuan sebanyak ini, bahkan di antaranya berharap agar Yayasan PABU Indonesia bisa kembali menggelar acara santunan akbar di lain waktu dan kesempatan.

Dengan adanya kegiatan santunan kabar ini, sangat bermanfaat dan membantu, tentunya juga membuat mereka bersyukur karena santriwan-santriwati di Rumah Tahfidz Al-Barokah mendapatkan banyak santunan khususnya Al-Qur’an dan Iqro yang menjadi kebutuhan paling penting bagi mereka setiap harinya dalam kegiatan belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an.

Semoga dengan adanya acara kegiatan santunan akbar seperti ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan juga menjadi jalan silahturahmi di kemudian hari bagi Yayasan PABU Indonesia dan Rumah Tahfidz Al-Barokah. Terima kasih Sahabat Dermawan…..