PABU
PABU
Khazanah Islam 03 Apr 2023

SEDEKAH MENYELAMATKAN DARI API NERAKA

Oleh: Humas Pabu

humaspabu@gmail.com

 

    Sahabat Pabu, Bersedekah merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah SWT. Ada banyak ayat Al-Qur’an dan hadits tentang sedekah dan keutamaannya. Sedekah juga merupakan amalan baik yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Selain untuk berbagi dan sebagai bekal amal di akhirat, sedekah juga bertujuan untuk menyucikan harta.

    Dalam Islam sedekah merupakan bukti ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena Rasulullah dalam Hadis HR. Tirmidzi dan Hadis Hasan Shahih bersabda, “Bertakwalah kepada Allah SWT di mana pun engkau berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskan keburukan. Dan pergauilah manusia dengan akhlak yang mulia.”

    Salah satu dinding yang akan membatasi seorang hamba dari api neraka adalah sedekah. Rasulullah SAW berpesan kepada kita:

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

“Hindarilah api neraka walaupun dengan bersedekah hanya separuh buah kurma.” (HR. Muslim No. 1689)

    Yaitu sahabat, upayakan semampu yang bisa kita lakukan, itu dapat menghalangi kita dari api neraka. Maka bersedekahlah dan jangan kita menahan diri dari sedekah. Karena yang kita keluarkan tidak seberapa. Berapapun sedekah yang kita keluarkan, insyaAllah dapat menjaga kita dari api neraka.

    Seperti sabda Rasulullah SAW sebagaimana disebut dalam buku Kumpulan Hadis Penting Bagi Muslim (2013) sebagai berikut:

فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Artinya: "Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik." (HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016).

    Sebiji kurma yang dimaksud bisa dimaknai, amalan sedekah tidak melulu dengan jumlah yang banyak dan mahal, tetapi bisa juga dengan hal-hal kecil disertai dengan keikhlasan. Bila tidak memiliki harta untuk disedekahkan, maka cukup dengan menjaga ucapan yang baik-baik atau bahkan cukup dengan senyuman.

Hadis nabi yang lain adalah sebagai berikut:

مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ وَلاَ يَقْبَلُ اللهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ وَإِنَّ اللهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِيْنِهِ ثُمَّ يُرَبِّيْهَا لِصَاحِبِهَا كَمَا يُرَبِّيْ أَحَدُكُمْ فُلُوَّهُ حَتَّى تَكُوْنَ مِثْلَ الْجَبَلِ

Artinya: "Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik, sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu mengembangkannya untuk pemiliknya sebagaimana seseorang merawat anak kudanya hingga ia menjadi seperti gunung yang besar." (HR. Bukhari no. 1410 dan Muslim no. 1014).

    Dua hadis nabi di atas cukup jelas memberi gambaran bahwa sedekah memiliki pahala yang sangat besar. Sedekah, walau dengan jumlah yang sedikit dan dalam bentuk apapun, akan menjauhkan seseorang dari api neraka, dan hidupnya akan selalu dilimpahkan kebaikan-kebaikan. WallahuA'lam.

 

Semoga bermanfaat.

Tag: Pabu Foundation, Sedekah Bekasi, Yayasan Yatim Bekasi, Info Bekasi