PABU
PABU
Khazanah Islam 20 Jul 2023

SEJARAH TAHUN BARU ISLAM, HIJRAH PERTAMA DAN CERITA DUKA RASULULLAH SAW

Sahabat Pabu, Tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Bagaimana sejarah Tahun Baru Islam?

Berbeda dengan perayaan tahun baru yang biasa dirayakan pada 1 Januari, yang sering kali dilaksanakan dengan meriah di berbagai penjuru dunia, tahun baru Islam justru dilaksanakan dengan penuh syukur. Umat Islam juga disarankan untuk melaksanakan berbagai amalan baik untuk menyambut tahun baru dalam Islam.

Tapi, bagaimana sebenarnya sejarah tahun baru Islam? Apakah sama dengan sejarah tahun baru yang diperingati setiap 1 Januari?

Sejarah Tahun Baru Islam

Tahun baru Islam sangat kental dengan istilah Hijriah atau hijrah. Hal ini merujuk pada hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya pada 622 Masehi. Nabi Muhammad melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah setelah berulang kali menerima ancaman dan aniaya dari kaum yang tidak bisa menerima ajaran Islam.

Menukil Aljazeera, peristiwa hijrah ini dianggap sebagai salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah perkembangan Islam. Bahkan telah dipilih sebagai titik awal penanggalan tahun 639 Masehi oleh Umar bin Khattab, khalifah kedua sekaligus salah satu sahabat yang paling setia.

Tentunya, berbeda dengan perayaan tahun baru yang biasa dilaksanakan pada 1 Januari, tahun baru Islam tidak memerlukan perayaan besar. Bahkan, sebagian besar negara mayoritas Muslim juga tidak melakukan perayaan besar-besaran, hanya menjadikan tanggal tersebut sebagai libur nasional.



Bukan hanya itu, bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam kalender Islam juga menjadi salah satu bulan yang memiliki cerita duka. Pada 10 hari pertama Muharram memiliki makna yang cukup dalam bagi umat Islam, karena cucu Nabi Muhammad, Husain Ibn Ali al-Hussein meninggal dalam pertempuran Karbala pada 680 Masehi.

Pada 10 Muharram juga selalu diperingati sebagai hari kematian al-Hussein yang ditandai dengan berpuasa secara sukarela dan mengunjungi makam al-Hussein bagi yang mampu. Kegiatan ini juga dikenal dengan kegiatan Asyura.

Itulah sejarah Tahun Baru Islam yang harus diketahui.

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H. 

(Humas PABU)