PABU
PABU
Khazanah Islam 03 Apr 2023

SIFAT-SIFAT AL-QUR’AN

Oleh: Humas Pabu

humaspabu@gmail.com

 

    Sahabat Pabu, Al Qur’an selain sebagai kitab pedoman hidup dan kehidupan umat manusia dan rujukan pertama dan utama umat Islam, ia adalah mukjizat kenabian pamungkas dan bukti abadi kebenaran Islam dan ajarannya yang universal.

    Tiada sebuah kitab di muka bumi ini yang lebih berhak mendapat perhatian dari kaum Muslim selain dari Al Qur’an. Kaum Muslim berkewajiban memberikan perhatian yang serius terhadap Al-Qur’an dengan beragam bentuk perhatian, dari mulai mempelajari huruf-hurufnya agar dapat dengan fasih melantunkan ayat-ayat sucinya, memahami terjemahannya sebagai langkah awal dan batas minimal pengenalan terhadap kandungannya hingga mendalami tafsir dan isyarat-isyarat yang tersurat dan tersirat di balik keagungan makna setiap ayatnya.

    Al-Qur'an merupakan kitab atau pedoman bagi umat islam dan merupakan penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Selain Al-Qur'an bukan hanya untuk dibaca juga harus diamalkan isinya oleh setiap umat muslim. Sifat-sifat Al-Qur'an yang sangat agung juga wajib diketahui oleh umat islam.

    Jika setiap muslim sudah mengetahui apa saja sifat-sifat Al-Quran pasti mereka akan merasakan betapa mulianya kitab Al-Qur'an ini. Selain itu dengan mengetahui sifat Al-Qur'an juga dapat menambah kecintaan kita terhadap Al-Qur'an karena biasanya kita akan mencintai sesuatu karena mengetahui bagaimana sifat-sifatnya.

Berikut ini beberapa sifat-sifat Al-Quran :

1.Jalan yang Lurus ( Ash Shirath Al-Mustaqim)
    Sifat Ash Shirath Al-Mustaqim ini dijelaskan dalam Q.S Al-An’am: 153,

وَأَنَّ هَٰذَا صِرَٰطِى مُسْتَقِيمًا فَٱتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا۟ ٱلسُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِۦ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّىٰكُم بِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.” (QS. Al-An’am: 153)

    Al-Qur'an sebagai kitab yang menunjukan jalan yang lurus akan mengantarkan siapapun yang membaca dan mengamalkannya ke surga Allah yang penuh dengan kenikmatan.

2. Tali yang Kokoh (Al Hablul Matin)

    Maksud dari tali yang kokoh disini adalah barang siapa yang berpegang teguh terhadap Al-Quran maka dia akan diberikan jalan yang lurus oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Sesuai dengan Q.S Ali-Imran: 103,

وَٱعْتَصِمُوا۟ بِحَبْلِ ٱللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا۟ ۚ وَٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِۦٓ إِخْوَٰنًا وَكُنتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمْ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

 Artinya: “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali-Imran: 103)

3. Cahaya yang Terang Benderang (An-Nural Mubin)

    Al-Qur'an diturunkan sebagai kitab yang mmeberikan cahaya terang benderang bagi seluruh umat manusia. Sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wata’ala pada Q.S An-Nisa: 174,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدْ جَآءَكُم بُرْهَٰنٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكُمْ نُورًا مُّبِينًا

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang.” (QS. An-Nisa: 174)

 

Semoga bermanfaat.

Tag: Pabu Foundation, Sedekah Bekasi, Yayasan Yatim Bekasi, Info Bekasi